Apa Itu Beton Fast Track? Apa Saja Kegunaannya?

BETON FAST TRACK

Apa Itu Beton Fast Track? Apa Saja Kegunaannya? – Beton fast track adalah beton siap pakai yang cepat mengeras dan dapat langsung digunakan untuk lalu lintas. Beton ini memiliki spesifikasi khusus yang mencakup kebutuhan beton untuk segmen perkerasan jalan beton. Bisa juga dibuka untuk lalu lintas pada umur beton belum 7 hari.

Spesifikasi beton siap pakai ini digunakan untuk ruas jalan dengan lalu lintas padat. Beton perkerasan kaku untuk pembukaan lalu lintas awal yang digunakan dalam spesifikasi ini adalah beton kuat tekan tinggi. Dimana, pada bukaan lalu lintas, kuat tekan beton harus sudah mencapai 300 Kg/cm2 (25 Mpa) pada umur beton 28 hari.

Slump beton pada saat pengiriman harus antara 25-75 mm. Slump yang lebih besar dari 75 mm dapat diterima selama sesuai dengan perencanaan campuran beton dan diizinkan oleh direksi konstruksi.

BAHAN YANG DIGUNAKAN BETON FAST TRACK

Bahan yang digunakan untuk campuran beton ini adalah semen Portland tipe I dan III, fly ash (abu terbang). Selain itu, air, agregat, aditif, tulangan baja, bahan sambungan dan bahan untuk perawatan beton.

PROSES PELAKSANAAN PENGECORAN

Dalam pelaksanaan penuangan beton dilakukan setelah semua persiapan yang diperlukan telah disetujui. Jika tidak, menggunakan lean concrete, siapkan subfloor atau lapisan pondasi dalam kondisi rata, bersih dan padat. Subfloornya harus di makadam dulu.

Juga berbagai kemiringan hingga pengecoran dilakukan. Bilas subfloor atau lapisan pondasi dengan air yang cukup untuk melembabkannya sebelum pengecoran. Pencahayaan yang memadai untuk proyeksi malam hari dan perlindungan cuaca harus disediakan. Alat uji harus tersedia dalam kondisi siap pakai.

Baca Juga :

Beton cor Jayamix

PENGERJAAN PENYELESAIAN

Grooving atau penyikatan harus dilakukan setelah air permukaan mulai hilang dan sebelum beton mulai mengeras.

PERAWATAN BETON

Jika perawatan dilakukan dengan curing compound, aplikasikan dalam 2 lapis. Lapisan pertama harus diterapkan selambat-lambatnya 10 menit setelah penyikatan dan lapisan kedua. Lapisan pertama tegak lurus harus dilakukan 30 menit setelah lapisan pertama. Penggunaan curing compound adalah 3,75 m2/liter.
Curing compound yang rusak harus diganti dan dirawat sampai jalan bebas dari lalu lintas.

Baca Juga :

Harga Ready Mix murah

PEMBUKAAN UNTUK LALU LINTAS

Lantai harus ditutup untuk lalu lintas setidaknya sampai beton mencapai umur 8 jam. Waktu dapat diperpanjang oleh direksi pekerjaan dengan pertimbangan cuaca dan kondisi lainnya. Lantai dibuka untuk lalu lintas setelah kuat tekan beton mencapai 300 kg/cm2 (25Mpa). Kuat tekan beton diperoleh dari benda uji beton yang diperlakukan sesuai dengan kondisi perkerasan. Sebelum membuka lalu lintas, perlu untuk menutup semua sambungan dan membersihkan semua lantai.

MANFAAT DARI BETON FAST TRACK

Keuntungan menggunakan beton cor ready mix dengan teknologi Fast track adalah dapat mempercepat waktu pelaksanaan pekerjaan. Karena pembukaan lalu lintas setelah pengecoran lebih singkat. Selain mempercepat kerja, teknologi fast track sangat mendukung kelancaran lalu lintas. Karena penutupan jalan setelah pengecoran tidak terlalu lama, yang menyebabkan kemacetan panjang.

Untuk itu, teknologi Fast Track Concrete perlu diterapkan pada jalan raya di perkotaan.

Untuk mengetahui lebih dan pemesanan silahkan hubungi nomor Whatsapp yang tertera.

Selain itu juga kami menjual berbagai macam produk konstruksi lainya.