fbpx

Search

Tips-Memilih-Besi-HF-Beam-dan-WF-untuk-Konstruksi-Bangunan

Tips Memilih Besi HF-Beam dan WF untuk Konstruksi Bangunan

Memilih jenis besi H-Beam atau WF adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat merancang konstruksi bangunan. Kedua jenis material berbeda dan tidak boleh ditentukan secara asal, karena akan menyebabkan struktur konstruksi bangunannya menjadi tidak stabil.

Material ini biasanya digunakan sebagai penopang struktur bangunan, tiang pancang utama dan komposit beton. HF-Beam adalah singkatan dari Hot Finished Beam, bentuknya menyerupai huruf H dengan dua lempengan vertikal kecil (flensa) dan satu lempengan horizontal (web).

Sedangkan WF ialah singkatan dari Wide Flange, bentuk W struktur seperti HF-Beam, tapi ukuran materialnya lebih besar. Besi HF-Beam dan WF termasuk dalam golongan baja, sehingga material utamanya kuat, tahan lama, lebih tebal serta dapat menopang bangunan bertingkat.

Dengan memilih material yang tepat, Anda bisa memastikan bangunannya aman, stabil, kuat dan kokoh. Kedua tipe baja biasa dipilih berdasarkan kebutuhan dan desain konstruksi bangunannya. Namun untuk detail yang lebih spesifik, Anda perlu melihat ketentuan di bawah ini.

5 Tips Memilih Besi Baja Penopang pada Konstruksi Bangunan

Jika dilihat secara langsung, kedua material memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Tapi untuk meningkatkan keamanan struktur bangunan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Anda dapat menggunakan beberapa tips berikut untuk menentukan material yang tepat. Langsung saja, berikut ini tips untuk memilih besi konstruksi bangunan :

1.      Memahami Perbedaan HF-Beam dan WF

Pertama, cari tahu dulu perbedaan kedua material tersebut sebelum memutuskannya sebagai bahan konstruksi. HF-Beam bentuknya H, material cocok untuk rumah kecil sampai bertingkat medium karena lebih tipis dibandingkan baja WF yang berbentuk seperti huruf W.

Besi baja WF memiliki material yang lebih tebal, biasanya dipakai untuk fondasi gedung tinggi bertingkat. Dari segi daya tahan dan kekuatan, baja WF lebih baik dibandingkan HF-Beam.

2.      Memperhitungkan Efisiensi dan Biayanya

Biaya material bangunan akan masuk ke dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya). Pastikan Anda sudah menghitungnya secara menyeluruh, agar anggaran tidak membengkak. Tentukan jenis material yang dibutuhkan dan belilah secukupnya, negosiasikan harganya jika perlu.

Anda bisa mengecek harga resminya di web niagasinarsentosa.co.id secara langsung. Dijamin harganya kompetitif, kualitas materialnya bagus dan pemesanan bisa dalam jumlah besar.

3.      Melihat Kualitas dan Sertifikasinya

Saat memilih material bangunan, selalu cek kualitasnya apakah sudah memenuhi standar SNI atau belum. Besi baja HF-Beam dan WF mendapatkan sertifikasi setelah diuji kualitasnya. Jika Anda menemukan material yang tidak bersertifikat, berhati-hatilah karena itu belum diuji.

Ketika mencari material, hubungi supplier atau produsen yang terpercaya. Anda bisa membeli baja HF-Beam dan WF di PT Niaga Sinar Sentosa karena material sudah pasti bersertifikasi.

4.      Mengetahui Beban Konstruksi

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda tahu beban yang dapat ditanggung kedua material. Beban struktural dan beban angin juga harus dipertimbangkan. Anda perlu memastikan baja yang sudah dipilih, apakah mampu menahan beban bangunan secara aman atau tidak.

Semakin besar bebannya, maka Anda butuh material lebih kuat. Silakan cek beban beton yang digunakan pada konstruksi bangunan dari nssprecast.co.id karena infonya lengkapnya.

5.      Beli di Supplier atau Distributor Terpercaya

Tips terakhir, beli baja HF-Beam dan WF di supplier terpercaya seperti PT Niaga Sinar Sentosa. Dijamin materialnya bagus, karena dikirim langsung dari produsen ternama. Dengan membeli di tempat yang terpercaya, Anda akan mendapatkan harga dan material terbaik.

Supplier terpercaya sudah memiliki banyak klien, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Untuk memperoleh besi HF-Beam dan WF yang bagus, belilah materialnya di PT Niaga Sinar Sentosa sekarang juga.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Besi Beton di Pasaran

Faktor yang Mempengaruhi Harga Besi Beton di Pasaran

Informasi mengenai harga besi beton menjadi hal penting, tidak hanya bagi pebisnis saja namun juga konsumen. Sebab hal tersebut akan mempengaruhi perkiraan budget yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan bangunan.

Meski demikian, cukup banyak yang kesulitan mencari informasi tentang pergerakan harganya, sebab memang cukup sulit diprediksi. Terkadang harga produk bisa sangat tinggi, namun tidak jarang turun menjadi lebih murah.

Pergerakan harga besi beton yang naik turun ini sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor penyebabnya. Hal tersebut dapat dilihat dari data internal, pengamatan, hingga pengalaman dari para konsumen.

Meskipun harganya cenderung naik turun, namun Anda tidak perlu bingung mencari supplier terpercaya dan terjangkau. Pusat supplier besi beton niagasinarsentosa.co.id menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan dengan mutu terbaik dan harga terbaik.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Besi Beton

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, harga dari besi betoncenderung naik turun karena beberapa penyebab. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi fluktuasi salah satu bahan bangunan ini.

1.      Ketersediaan Bahan Baku

Sangat penting diketahui bahwa dalam pembuatan berbagai produk besi, pabrik akan membutuhkan beberapa bahan baku. Beberapa bahan baku yang sering digunakan seperti besi rosok, billet, batu bara, minyak bumi, dan banyak lagi lainnya.

Berbagai bahan baku tersebut merupakan komoditas yang mengalami fluktuasi karena permintaan dan penawarannya terus bergerak. Tidak mengherankan jika pada akhirnya penjualan besi beton mengikuti pergerakan harga bahan bakunya.

2.      Pergerakan Dollar

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa pergerakan dollar juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga besi beton di pasaran. Sebenarnya hal ini karena tidak semua bahan baku dimiliki sebuah negara, sehingga perlu impor dari negara lain.

Ketika melakukan proses impor, maka tentu saja menggunakan dollar sebagai mata uang dunia. Jadi ketika pergerakan dollar sedang menguat, tidak mengherankan jika besi beton juga menjadi sangat mahal.

3.      Pergerakan Harga Logam Lain

Seperti sudah diketahui, ada banyak barang komoditas dalam sektor logam seperti alumunium, seng, emas, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itulah, ketika logam lainnya mengalami penurunan tren, maka kemungkinan investor beralih ke besi.

Jika sudah banyak investor yang tertarik dengan logam satu ini, maka tidak perlu heran jika harganya menjadi terkerek naik. Pada akhirnya, harga besi beton sebagai bahan bangunanjuga ikut lebih mahal di pasaran.

4.      Kebijakan Pabrik

Pada dunia bisnis, setiap perusahaan tentu memiliki keputusan maupun kebijakan internal tersendiri yang tidak diketahui publik. Ada banyak hal yang terjadi seperti kemampuan modal, rencana pengembangan bisnis, dan sebagainya yang tidak akan dibuka untuk konsumen.

Meskipun demikian, kebijakan pabrik ini juga bisa mempengaruhi harga dari salah satu bahan bangunan ini. Oleh sebab itulah, sangat penting mencari supplier terpercaya sehingga mendapatkan produk terbaik namun harganya cukup terjangkau.

5.      Faktor X

Hal terakhir yang mempengaruhi harga besi beton adalah berbagai keadaan di luar kontrol seluruh perusahaan, kebijakan berlaku, hingga pemerintahan negara mana saja. Beberapa faktor yang mungkin terjadi seperti pandemi atau bencana alam.

Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan tersebut bisa membuat banyak barang menjadi lebih mahal, termasuk bahan bangunan. Apalagi jika pemintaan terus meningkat, sementara ketersediaan besi di pasaran menipis.

Supplier dengan Harga Besi Beton Terbaik

Meskipun harganya naik turun, namun Anda tetap bisa mendapatkan produk dengan mutu dan harga terbaik. Caranya adalah dengan mencari supplier terpercaya dari PT. Niaga Sinar Sentosa yang menyediakan berbagai bahan bangunan.

Berbagai bahan bangunan dengan mutu terbaik ini dapat Anda lihat melalui nssprecast.co.id. Anda juga bisa langsung menghubungi kontak yang tertera untuk informasi lebih lanjut atau melakukan pemesanan. Mencari informasi mengenai harga bahan bangunan sangat penting agar dapat memperkirakan budget yang dibutuhkan. Oleh sebab itulah penting mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi harga besi beton di pasaran.

Besi Beton dan Peran Pentingnya dalam Proses Pembanguna

Besi Beton dan Peran Pentingnya dalam Proses Pembangunan

Material besi beton adalah komponen penting dalam sebuah proses pembangunan. Material ini juga dikenal dengan sebutan besi tulangan atau baja tulangan yang tujuan utamanya mencegah keretakan maupun patahan ketika adanya berbagai guncangan.

Secara garis besar ada dua jenis baja tulangan berdasarkan bentuknya, yakni bentuk polos dan ulir. Lebih jelas mengenai keduanya akan kami bahas dalam uraian di bawah ini berikut dengan pembuatan kedua jenis baja tulangannya.

Mengenal Jenis-jenis Besi Beton

Berdasarkan bentuk dan teksturnya, baja tulangan terbagi menjadi dua, yakni polos dan ulir. Jenis polos disebut juga sebagai plain rebat atau reinforced bar. Lebih jelas mengenai keduanya, mari simak penjelasan di bawah ini:

1.      Besi Beton Polos

Reinforced bar identik dengan permukaan yang licin dan mulus dan struktur mikronya lebih rendah dibandingkan bentuk ulir. Sifat baja jenis ini lebih rendah dengan rata-rata kekuatan tarik sebesar 280 N/mm2.

Umumnya material yang digunakan memiliki panjang 12 meter dengan diameter besinya sekitar 6 mm. Untuk panjang keseluruhan jenis reinforced bar sama, yakni 12 meter, hanya saja diameternya beragam, terkecil ada 6 mm dan terbesar ada diameter 25 mm.

Berbagai jenis ukuran diameter reinforced bar ini bisa Anda dapatkan langsung dari situs niagasinarsentosa.co.id secara online. Sekarang sudah tidak perlu lagi pergi ke toko material langsung, dengan berbelanja online saja kebutuhan material sudah bisa terpenuhi.

2.      Besi Beton Ulir

Bentuk baja tulangan lainnya ada yang membentuk ulir atau sirip melintang dengan ukuran diameter rata-rata 10 mm sampai 32 mm. Panjang baja tulangan ulir juga sama seperti baja tulangan polos, yakni 12 meter dengan bentuk yang bisa ditekuk.

Proses penekukan besi beton ulir ini tentunya dilakukan profesional dengan tujuan mempermudah sarana pengiriman ke alamat tujuan. Jenis baja tulangan ulir ada banyak, diantaranya ulir bambu, ulir curam, dan ulir tulang ikan.

Biasanya bentuk ulir ini digunakan untuk membangun gedung pencakar langit karena memiliki daya tahan lebih kuat dibandingkan jenis polos. Sekalipun dalam proses pengiriman besinya ditekuk menjadi dua, namun dari segi kekuatan lebih kokoh dibandingkan jenis polos.

Proses Pembuatan Besi Beton

Dalam membuat material iniada berbagai proses atau langkah harus dilalui. Baik jenis polos maupun ulir akan melalui berbagai langkah berikut ini secara berurutan:

  1. Cutting material atau pemotongan billet yang bisa disesuaikan panjang serta lebarnya dengan kebutuhan sebelum nanti masuk ke proses peleburan di dalam mesin.
  2. Warming process raw atau pemanasan bahan mentah di suhu 950 sampai 1150 derajat celcius selama dua jam sampai suhunya naik menjadi 1000 sampai 1350 derajat celcius.
  3. Cutting oil, yakni penyemprotan cairan oli dan air agar suhu panas menurun sebelum masuk ke proses roughing.
  4. Roughing atau proses pengupasan sisi billet yang masih menghasilkan ampas setelah melalui proses peleburan.
  5. Proses intermediate dilakukan untuk menstabilkan suhu billet.
  6. Rolling, proses penting dalam pembuatan besi beton untuk mendapatkan ukuran diameter yang diinginkan.
  7. Proses pendinginan di mesin untuk membuat suhu baja tulangannya lebih stabil
  8. Terakhir adalah proses pemotongan agar besinya sesuai kebutuhan untuk dipasarkan.

Berbagai proses pembuatan besi di atas akan dilakukan oleh profesional sebelum akhirnya didistribusikan ke toko material. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis besi beton serta ukuran diameter baja tulangan terbaik dari PT Niaga Sinar Sentosa atau nssprecast.co.id secara online saja.

Daftar Harga U Ditch dan Faktor yang Mempengaruhinya

Membahas tentang daftar harga u ditch dan faktor yang mempengaruhinya. U ditch sebagai komponen untuk pembuatan saluran drainase, banyak dibutuhkan dalam pembuatan gorong-gorong tersebut. Hal ini karena u ditch sudah siap pasang sehingga memudahkan pekerjaan, dan juga bisa rapi hasilnya, awet serta tahan bocor. Berikut daftar harganya.
Back to Top